ISTIGHOTSAH MENGHARAP KEMUDAHAN DALAM UJIAN NASIONAL

Setiap siswa yang belajar di jenjang pendidikan dasar (sekolah dasar dan sekolah menengah pertama) dan sekolah lanjutan atas (sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan)  sebelum siswa tersebut lulus, harus mengikuti ‘sebua hujian’ yang disebut Ujian Nasional. Hal  tersebut juga berlaku bagi siswa-siswa SMP Negeri 2 Kemranjen yang tahun pelajaran 2010/2011  ini melaksanakan Ujian Nasional.

 Ujian Nasional merupakan kegiatan puncak bagi setiap sekolah di  akhir tahun pelajaran. Bagi sebagian siswa Ujian Nasional dijadikan momok atau monster yang menakutkan. Yang membuat siswa takut, kuatir, bahkan depresi. Sesuatu yang tidak seharusnya diperlakukan bagi sebuah langkah yang harus ditapaki oleh siswa, yang dinamakan Ujian Nasional. Kekuatiran siswa tersebut sebenarnya terlalu berlebihan sehingga hal itu sangat membebaninya ketika seharusnya mereka bias dengan agak sedikit santai dan penuh percaya diri untuk menghadapinya. Toh sebenarnya dari awal siswa sudah diberi persiapan yang cukup untuk menghadapi Ujian Nasional mulai dari  program tambahan jam pelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan di UjianNasional (Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam) yang  dilakukan setelah pembelajaran regular di kelas sampai dengan jadwal pelajaran khusus setelah Ujian Sekolah selesai.  Dan upaya lainnya berkaitan dengan persiapan materi pelajaran.

Senada dengan yang dialami oleh siswa, orang tua dan pihak sekolah pun mempunyai kekuatiran  yang hamper sama. Dari pihak orang tua rasa takut dan kuatir jika anak-anaknya tidak bias lulus selalu menggelayuti di hati mereka. Pasti rasa kecewa akan mereka rasakan andaikan anak-anak mereka tidak dapat menamatkan sekolahnya ‘hanya’ disebabkan oleh Ujian Nasional.   Menyadari akan hal tersebut, orang tua dengan segenap daya dan upaya yang  mereka miliki berusaha member motivasi anak-anak mereka agar mempersiapkan Ujian Nasional dengan baik. Pengawasan  di rumah diperlakukan dengan ketat menjelang Ujian Nasional baik kegiatan belajarnya maupun pengurangan kegiatan-kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan Ujian Nasional. Hanya yang  patut disayangkan semua itu sudah agak terlambat dilakukan oleh sebagian orang tua. Namun semua  yang mereka lakukan sangat layak untuk dihargai dan diberi penghargaan yang setinggi-tingginya. Walaupun derajat kekuatirannya tidak sama, pihak sekolah pun demikian. Ini tidak bias dipungkiri. Bagi sekolah, UjianNasional menjadi suatu kegiatan rutin yang memang benar-benar harus dipersiapkan dengan perencanaan yang baik dan dilaksanakan dengan sangat serius.

Semua hal yang dilakukan tersebut baik oleh siswa, orang  tua maupun sekolah adalah persiapan secara materi. Berbagai usaha itu akan tidak ada artinya tanpa disertai dengan doa. Sebagai insan  yang beriman, kita wajib berusaha dan berdoa. Berusaha tanpa berdoa seolah-olah sombong,  sedangkan berdoa tanpa berusaha seolah-olah putus asa. Ketika manusia berusaha dia harus menyerahkan hasil usahanya kepada Alloh SWT. Karena apapun yang diusahakan oleh manusia,  pada akhirnya Alloh SWT jualah yang akan menentukan hasilnya. “Man proposes, God disposes”.

Oleh karena itulah SMP Negeri 2 Kemranjen pada hari Sabtu, 16 April 2011 yang lalu sebelum pelaksanaan Ujian Nasional menyelenggarakan kegiatan doa bersama atau yang lebih dikenal dengan istighostah. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa-siswa kelas 9, orang tua, kepala sekolah,  serta segenap bapak dan ibu guru. Istighotsah dipimpin oleh bapak Kyai Asmono, pengasuh salah satu pondok pesantren di Desa Tanggeran, Kecamatan Somagede,  Kabupaten Banyumas. Tujuan kegiatan istighotsah adalah memberikan bekal spiritual, ketenangan, percaya diri,  dan menambah konsentrasi siswa untuk menghadapi Ujian Nasional. Diharapkan dengan istighotsah  tersebut Alloh SWT akan memberikan petunjuk dan kemudahan kepada siswa-siswa kelas 9 dalam mengerjakan soal-soal dalam Ujian Nasional.

Akhirnya segala usaha yang sudah dilakukan baik oleh siswa-siswa, orang tua,  dan sekolah ditambah dengan kegiatan istighotsah sarat pengharapan semua siswa kelas 9 yang  mengikuti Ujian Nasional tahun 2011 ini akan diridloi Alloh SWT. Semua siswa kelas 9 akan dapat menyelesaikan pendidikannya di SMP Negeri 2 Kemranjen dengan baik. Mereka mendapatkan nilai-nilai yang maksimal sesuai dengan harapan kita semua. Mereka berhasil  lulus 100%. Dan  segenap doa kita panjatkan mereka akan dapat mencapai apa yang menjadi cita-cita mereka. Kita  tunggu besok 4 Juni 2011! Semoga!

About SMP NEGERI 2 KEMRANJEN

BERTAQWA, TERDIDIK, BERBUDAYA, SANTUN DALAM PERILAKU

Posted on 14/05/2011, in KEGIATAN. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: