PERPISAHAN dan PELEPASAN SISWA KELAS IX

Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kemranjen, Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2010/2011 telah dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Juni 2011 yang bertempat di halaman sekolah tersebut.
Pembacaan narasi tentang kilas balik perjalanan pendidikan siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kemranjen yang dibacakan oleh Bapak Sugeng, S. Ag. mengantarkan prosesi kelas sembilan menuju tempat duduknya.
Acara tersebut diawali dengan tarian Gambyong sebagai penyambutan tamu yang diperagakan oleh dua siswa kelas VIII yaitu Aslamah Nurul Aeni dan Lilis Retno Sulistyowati.


Selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Ayu Nur Hafita dan pembaca saritilawah Yani Suyani. Keduanya merupakan siswa kelas VII.

Beberapa sambutan merupakan bagian isi acara tersebut. Pada sesi ini, Laporan panitia penyelenggara disampaikan oleh Bapak Hary Widodo, S. Pd. selaku ketua panitia. Berikutnya siswa kelas IX diwakili oleh Mutiara Mawarni F. N. P., sedangkan siswa kelas VII & VIII diwakili oleh Diana Rahmawati. Dalam kesempatan ini, kepala sekolah menyampaikan sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara tersebut, sekaligus menyampaikan terima kasih atas kehadiran semua tamu undangan. Di samping itu, beliau menyampaikan beberapa prestasi yang telah diraih oleh siswa selama ini serta ucapan selamat kepada siswa kelas IX yang telah mengikuti Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional dengan berharap agar semua siswa bisa lulus dengan nilai terbaik. Satu demi satu beberapa pimpinan instansi juga menyampaikan sambutannya, seperti Muspika Kemranjen yang diwakili oleh Kapolsek Kemranjen, Ketua Komite sekolah, Kepala Desa Karangsalam, dan Kepala UPK Kemranjen. Beberapa sambutan tersebut memberikan respon baik dan apresiasinya terhadap keberadaan SMP Negeri 2 Kemranjen. Berbagai harapan juga ditujuan terhadap sekolah ini agar tetap eksis dan lebih maju sebagaimana yang telah dilakukan selama ini.
Usai acara sambutan, dilanjutkan paduan suara siswa kelas IX yang dikemas dalam warna musikalisasi puisi. Lantunan syair lagu dan pembacaan puisi ini berisi tentang kesan, pesan, dan harapan atas doa restu guru, orang tua serta semua yang hadir dalam acara tersebut. Pelantunan lagu dan pembacaan puisi tersebut membawa keheningan dan suasana haru pada semua yang hadir saat itu.
Suasana semakin mengharukan saat tiga siswa kelas IX yaitu Mutiara, azlia, dan Jeni menghampiri Kepala Sekolah di tempat duduknya dengan membawa setangkai bunga, bingkai foto siswa kelas IX, serta vandel yang bertuliskan “Alumni SMP Negeri 2 Kemranjen Tahun Pelajaran 2010/2011″. Mereka memberikan kenang-kenangan kepada Kepala Sekolah dengan mengucapkan terima kasih dan permohnan maaf serta mohon doa restu sekaligus memohon diri “berpamitan”. Lantunan lagu “Pamitan” mengiringi prosesi itu.

Alunan lagu “Ananda” mengiringi saat Kepala Sekolah menuju pentas dan mengalungkan rangkaian bunga melati kepada dua siswa kelas IX yakni Arif Suryanto dan Dian Peni. Hal ini mengisyaratkan ketulusan dan keikhlasan doa guru kepada siswanya. Selajutnya, Lagu “Ayah” yang dinyanyikan oleh Evi Subekti mengiringi langkah seorang ayah yang ingin menemui anaknya yang tergabung dalam paduan suara kelas IX dan memberinya seikat bunga sebagai tanda kasih sayang dan doa restu akan kesuksesan anaknya. Saat itu seakan-akan menjadi puncak keharuan suasana hati setiap orang yang menyaksikannya.

Selanjutnya, kelompok paduan suara kelas VII & VIII bergabung dalam sesi ini pula menyampaikan pesan dan kesannya melalui syair lagu dan puisi untuk mengantarkan kakak kelasnya yang akan meninggalkan sekolah ini. Melalui puisi yang dibacakan oleh tujuh siswa yaitu Dina, Aslamah, Lilis Retno S, Naeli, Lilis D. S. (kelas VIII) serta Atik dan Siti (kelas VII) menandakan kedekatan mereka selama ini. Begitu emosionalnya anak-anak ini berbaur dalam suasana saling berpesan dan berharap agar persahabatan mereka tak akan pudar walau harus berpisah.
Penyerahan setangkai bunga dari kelas VII dan VIII yang dilakukan oleh Atik dan Siti R. (kelas VII), serta Dina, Lilis R., dan Diana (kelas VIII) kepada perwakilan siswa kelas IX merupakan simbolisasi nilai persahabatan dan kasih sayang di antara mereka. Alunan syair lagu //ingin lagi kudengar suramu//seperti dulu kau masih bersamaku//gelak tawa riang penuh pesona//kini tiada lagi//lama sudah aku tak menatap wajahmu//lama sudah aku tak mendengar suaramu//inginnya enkau s’lalu hadir bersama// kau temani daku//mengapa kini kita harus berpisah//di saat bunga-bunga kita tak merekah//hanya dirimu satu penghibur hatiku//yang selalu hadir di setiap pagiku// bukan perpisahan yang kutangisi//namun pertemuan yang kusesali//mungkinkah kita bersama lagi// seperti dulu//, mengumandang lewat suara Diana R. dan Siti R. yang menggambarkan suasana hati mereka yang akan ditinggal oleh kakak-kakaknya.

 

Suasana keharuan para guru terhadap penampilan siswanya hingga mengusik hatinya untuk menyampaikan pesan dan kesannya melalui puisi yang dibacakan oleh Sugeng, S. Ag., Dra. Triningsih, Rini Hastuti, S. Pd., Zul Fathonah, S. Pd., dan Sri Neni, S. Pd.. Melalui Puisi ini para guru memberikan pesan dan kesanya terhadap siswa kelas IX agar senantiasa memiliki semangat dalam meraih cita-citanya demi perkembangan dan kemajuan mereka. Rasa sayang dan bangga para guru terhadap siswanya tercermin pula dalam pesan puisi yang dibacakannya. Sentuhan rasa kepada orang tua akan tanggung jawabnya terhadap kelangsungan hidup anak-anaknya tersirat pula dalam pesan puisi itu.
Pada sesi acara ini diakhiri dengan jabat tangan siswa kelas IX kepada semua guru dan karyawan serta adik-adik kelasnya.
Serangkaian acara berlanjut dengan berbagai penampilan dalam bentuk hiburan. Penampilan Bapak Sugeng, S. Ag. dan Evi Subekti yang mendendangkan lagu dangdut “Piano” menjadi penyegar suasana saat itu.

Begitu pula dengan penampilan Ibu Sri Neni, S. Pd. yang berkolaborasi dengan siswa kelas IX melalui nyanyian lagu berjudul “Tanpamu dan Iki Wee Sopo”. Berbagai tarian tradisional maupun modern yang diperagakan oleh siswa kelas VII dan VIII juga ikut mengisi acara tersebut.

Tarian kolosal yang diperagakan siswa kelas VII di bawah bimbingan Ibu Rini Hastuti, S. Pd. menambah semarak suasana saat itu. Penampilan ini sekaligus mengakhiri semua rangkaian acara Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kemranjen Tahun Pelajaran 2010/2011. Dengan harapan dan doa restu semua pihak agar mereka meraih kesuksesan. Amiin.

About SMP NEGERI 2 KEMRANJEN

BERTAQWA, TERDIDIK, BERBUDAYA, SANTUN DALAM PERILAKU

Posted on 09/06/2011, in KEGIATAN. Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: